Optimalisasi Capaian Pembelajaran Lulusan Melalui Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian OBE di Program Studi PAI UIN Sunan Kalijaga

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakanWorkshopPenyempurnaan KurikulumOutcome Based Education(OBE) pada Rabu–Kamis, 21–22 Mei 2025. Kegiatan ini berfokus pada penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan instrumen penilaian berbasis OBE sebagai langkah strategis dalam mengoptimalkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.

Penyempurnaan kurikulum melalui pendekatan OBE merupakan bagian dari transformasi pembelajaran yang berorientasi pada hasil belajar mahasiswa (learning outcomes), bukan semata-mata pada penyampaian materi. Dengan merancang RPS dan instrumen evaluasi yang terarah pada capaian pembelajaran lulusan (CPL), dosen diharapkan mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih terukur, bermakna, dan berkelanjutan. Prinsip-prinsip utama dalam pengembangan ini meliputi pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centered learning), pembelajaran aktif (active learning), penilaian autentik (authentic assessment), dan integrasi keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas.

Melalui kegiatan ini, Prodi PAI menegaskan komitmennya dalam membangun sistem pembelajaran yang adaptif terhadap perubahan, relevan dengan kebutuhan dunia kerja, serta mampu melahirkan lulusan yang unggul secara akademik dan profesional. Kurikulum yang dirancang dengan pendekatan OBE juga menuntut dosen untuk lebih reflektif dalam merancang strategi pembelajaran, memastikan keselarasan antara tujuan, metode, dan evaluasi, serta menjadikan pembelajaran sebagai proses yang berpusat pada pengembangan potensi mahasiswa secara menyeluruh.(Lalu Rahmat Sugiara)