Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI) UIN Sunan Kalijaga Lakukan Benchmarking ke Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Universitas Abdul Chalim Mojokerto
Benchmarking Tim Jurnal JPAI
Dalam upaya meningkatkan kualitas tata kelola dan akreditasi jurnal, Tim Pengelola Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kegiatan benchmarking keNazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, yang dikelola oleh Universitas Abdul Chalim Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu 14 Mei 2025.
Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini disambut hangat oleh tim pengelola Jurnal Nazhruna. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak berbagi pengalaman dan strategi dalam pengelolaan jurnal ilmiah, khususnya dalam peningkatan mutu manajerial, publikasi artikel, serta capaian akreditasi nasional dan internasional.
Hasil dari kegiatan benchmarking ini melahirkan beberapa poin strategis yang akan menjadi arah pengembangan JPAI ke depan, yaitu: pertama, penguatan kapasitas dan keunggulan masing-masing tim jurnal. Benchmarking ini memberikan ruang bagi kedua tim untuk saling mengembangkan, memperkuat, serta mempertajam keunggulan masing-masing. Hal ini ditujukan untuk mendukung peningkatan akreditasi JPAI melalui optimalisasi peran dan fungsi masing-masing pengelola dalam mendongkrak kuantitas dan kualitas artikel yang terbit. Kedua, kolaborasi sumber daya manusia. Salah satu kesepakatan penting dari kegiatan ini adalah komitmen untuk memanfaatkan dan memberdayakan potensi sumber daya manusia dari kedua tim jurnal. Keahlian dan pengalaman yang dimiliki akan dijadikan kekuatan bersama guna mendukung pengelolaan jurnal yang saling melengkapi dan berkelanjutan. Ketiga, peningkatan kualitas manajemen jurnal. Dalam diskusi, kedua tim sepakat untuk terus menyiapkan, mempertahankan, dan mengembangkan kualitas manajemen penerbitan JPAI. Ini penting sebagai bagian dari upaya mempertahankan akreditasi yang sudah dicapai serta meningkatkan level akreditasi ke depan. Keempat, penerbitan artikel yangberkualitas dan berkesinambungan. Komitmen terakhir dari kegiatan ini adalah penyelenggaraan program penerbitan JPAI yang semakin berkualitas dan berkesinambungan. Hal ini mencakup penyusunan agenda peningkatan mutu editorial, perbaikan sistem OJS, dan tata kelola penerbitan berbasis standar internasional.
Kegiatan benchmarking ini menjadi langkah nyata JPAI UIN Sunan Kalijaga dalam membangun jejaring kelembagaan dan meneguhkan komitmen untuk menjadi jurnal pendidikan Islam yang unggul, profesional, dan bereputasi nasional maupun internasional. (M. Aufal Minan)