No | Capaian Pembelajaran | Deskripsi |
1. | Aspek Sikap dan Tata nilai | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkkan sikap religius; 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dan berkemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, sertaa pendapat atau temuan orisinal orang lain; 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. |
2. | Aspek Keterampilan Umum | 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 4. Mampu menyusun diskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya 7. Mampu bertanggungjawab atas pencapain hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tenggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
3. |
Aspek Pengetahuan |
1. Mengasai ilmu al- Qur’an Hadis di sekolah/madrasah 2. Menguasai ilmu aqidah akhlak di sekolah/madrasah 3. Menguasai ilmu fiqh di sekolah/madrasah 4. Menguasai ilmu sejarah kebudayaan Islam di sekolah/madrasah 5. Menguasai ilmu integrasi-interkoneksi PAI di sekolah dengan ilmu lain demi mewujudkan PAI yang moderat 6. Menguasai ilmu pedagogil sebagai tol efektif dalam pembelajaran PAI di sekolah/madrasah 7. Menguasai ilmu strategi dan media pembelajaran PAI di sekolah/madrasah berbasis teknologi 8. Menguasai ilmu penilaian PAI di seekolah/madrasah yang tepat 9. Menguraikan ilmu edupreneurship bidang aqidah akhlak di sekolah/madrasah 10. Menguraikan ilmu edupreneurship bidang al-Qur’an Hadis di sekolah/madrasah 11. Menguraikan ilmu edupreneurship bidang fiqh di sekolah/madrasah 12. Menguraikan ilmu edupreneurship bidang SKI di sekolah/madrasah |
4. | Aspek Keterampilan Khusus | 1. Menggunakan metode dan konsep aqidah akhlak di sekolah/madrasah 2. Menggunakan metode dan konsep al- Qur’an Hadis di sekolah/madrasah 3. Menggunakan metode dan konsep fiqh di sekolah/madrasah 4. Menggunakan metode dan konsep sejarah kebudayaan Islam di sekolah/madrasah 5. Mempraktekkan strategi dan metoode pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di sekolah/madrasah 6. Mempraktekkan strategi dan metoode pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran akidah akhlak di sekolah/madrasah 7. Mempraktekkan strategi dan metoode pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran fiqh di sekolah/madrasah 8. Mempraktekkan strategi dan metoode pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran SKI di sekolah/madrasah 9. Menggunakan instrument yang tepat dalam penilaian aqidah akhlak di sekolah/madrasah 10. Menggunakan instrument yang tepat dalam penilaian al- Qur’an hadis di sekolah/madrasah 11. Menggunakan instrument yang tepat dalam penilaian fiqh di sekolah/madrasah 12. Menggunakan instrument yang tepat dalam penilaian SKI di sekolah/madrasah 13. Merancang enterpreneurship dalam bidang aqidah akhlak di sekolah/madrasah 14. Merancang enterpreneurship dalam bidang al-Qur’an Hadis di sekolah/madrasah 15. Merancang enterpreneurship dalam bidang fiqh di sekolah/madrasah 16. Merancang enterpreneurship dalam bidang SKI di sekolah/madrasah |