- Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Aspek Sikap dan Tata Nilai
No |
Uraian Capaian Pembelajaran Lulusan |
1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
11 |
Memahami konsep integrasi-interkoneksi agama dan ilmu pendidikan. |
B. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Aspek Pengetahuan
No |
Uraian Capaian Pembelajaran Lulusan |
1 |
Menguasai konsep teoretis ilmu Al-Qur’an Hadis, ilmu Aqidah Akhlak, ilmu Fiqh, dan ilmu Sejarah Kebudayaan Islam sebagai ilmu-ilmu agama Islam di Sekolah/Madrasah secara mendalam. |
2 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang cara pengajaran interaktif dalam bidang Al-Qur’an Hadis, Aqidah Akhlak, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah. |
3 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang cara melakukan penilaian bidang Al-Qur’an Hadis, Aqidah Akhlak, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah/Madrasah secara tepat. |
4 |
Menguasai teori-teori pembelajaran secara komprehensif. |
5 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang ilmu kurikulum PAI. |
6 |
Memiliki pengetahuan memadai tentang ilmu filsafat sebagai basis mengembangkan daya nalar dan kritis. |
7 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang ilmu komunikasi dan sosiologi pendidikan. |
8 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang ilmu metodologi penelitian sebagai dasar penyelesaian masalah secara sistematis. |
9 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang penggunaan bahasa Indonesia dan asing sebagai masis dalam berkomunikasi. |
10 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang ilmu psikologi dan konseling sebagai tool dalam menyelesaikan masalah pembelajaran PAI. |
11 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang ilmu media dan teknologi pembelajaran yang memudahkan pembelajaran PAI. |
12 |
Memiliki pengetahuan tentang membangun karakter melalui pembelajaran PAI. |
13 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang menjadi warga negara yang berakhlakul karimah, toleran, menghargai perbedaan, bertanggungjawab, demokratis dan peduli pada HAM. |
14 |
Memiliki pemahaman yang memadai tentang edupreneurship bidang PAI yang mampu menggali potensi mahasiswa. |
C. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Aspek Keterampilan Umum
No |
Uraian Capaian Pembelajaran Lulusan |
---|---|
1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
4 |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
8 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
9 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
D. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Aspek Keterampilan Khusus
No |
Uraian Capaian Pembelajaran Lulusan |
---|---|
1 |
Mengajar ilmu-ilmu agama Islam (al-Qur’an hadis, aqidah akhlak, fiqh, dan sejarah kebudayaan Islam) di Sekolah/Madrasah secara mendalam dengan menggunakan strategi pembelajaran interaktif dan media pembelajaran inovatif. |
2 |
Melakukan penilaian pembelajaran ilmu-ilmu agama Islam (al-Qur’an hadis, aqidah akhlak, fiqh, dan sejarah kebudayaan Islam) di Sekolah/Madrasah dengan menggunakan instrumen yang tepat. |
3 |
Menganalisis kurikulum PAI sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEKS. |
4 |
Melakukan penelitian tugas akhir (skripsi) dan menyusun laporannya secara logis dan sistematis. |
5 |
Berkomunikasi aktif dengan menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. |
6 |
Mengatasi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan pendekatan humanis dan transpersonal. |
7 |
Berperilaku santun, inklusif, toleran, dan moderat terhadap berbagai perbedaan dan keragaman |
8 |
Terampil mempraktekkan edupreneur yang mendukung pengembangan potensi mahasiswa. |