Dosen

Profil Tasman

Nama : Prof. Dr. H. Tasman, M.A.
Program Studi : S2 - Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Guru Besar | IV/E
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Prof. Dr. H. Tasman, M.A. Di Semester Genap TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan Islam di Indonesia 2 WAJIB 1A SEL 07:00-08:40 R: PPG-404
2. Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan Islam di Indonesia 2 WAJIB 1C KAM 13:25-15:05 R: PPG-404
3. Pengembangan Asesmen PAI 4 WAJIB 2D RAB 08:50-10:30 R: PPG-105#JUM 08:50-10:30 R: PPG-103
4. Tesis 8 WAJIB F SAB 07:00-13:40 R: PPG-104

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Studi Islam M. A. 2006
2. S2 IAIN Sunan Kalijaga - - 1992
3. S1 IAIN Sunan Kalijaga - Dr. 1985

# TAHUN KARYA
Buku Referensi
1 2020 Ilmu Pendidikan Islam dalam Ilmu Pendidikan Islam. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Emir Cakrawala Ilmu, Erlangga.
https://drive.google.com/file/d/11YafxhnttXEs_R_NZQ2yYAzcpss...
2 2014 Mengembangkan Profesionalisme Guru: Konsep dan Implementasi Menjadi Guru Profesional . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Suka Press.
https://drive.google.com/file/d/11bgAYLCG_nq7I7XMmEv8utoiOEZ...
Jurnal Ilmiah
3 2024 Asas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://doi.org/10.61227/arji.v6i4.235
4 2024 Perkembangan dan Problematika Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/artic...
5 2024 Ecological Pesantren as an Innovation in Islamic Religious Education Curriculum: Is It Feasible? . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://doi.org/10.28918/jei.v9i1.8324
6 2024 Islamic Religious Education Curriculum Innovation: Fethullah Gülen's Perspective . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam.
https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7089
7 2023 The Islamic Religious Education Curriculum Towards Globalization of Education: A Study on the Dynamics and Implications of Curriculum Changes . Tingkat Internasional. Diterbitkan oleh Education Faculty of Indonesian International Islamic University, Indonesia.
https://journal.uiii.ac.id/index.php/mer/article/view/199
8 2023 Assessment As, For, dan Of Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Menengah Atas . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/a...
9 2023 Pengembangan Tujuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/issue/...
10 2023 Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Madrasah . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/issue/...
11 2023 Integrative-Interconnective Model: Implementation in Islamic Religious Education Curriculum Development in Muhammadiyah Schools . Tingkat Internasional.
https://ijssr.ridwaninstitute.co.id/index.php/ijssr/issue/vi...
12 2022 A holistic–integrative approach of the Muhammadiyah education system in Indonesia . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh AOSIS (Pty) Ltd..
http://www.hts.org.za
13 2022 DEVELOPMENT OF AUTHENTIC ASSESSMENT IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/vie...
14 2022 PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI PADA KMA 183 TAHUN 2019 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v6i2
15 2022 Pengembangan Metode Flipped Classroom dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
16 2022 Fethullah Gülen's Epistemology of Islamic Education and its Implementation towards Integrated Islamic Education . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Islamic Education Teacher Training Program of UIN Sunan Ampel Surabaya.
http://uin-suka.ac.id/
17 2022 The Influence of Meaning in Life and Teacher Leadership on Teacher Professionalism through Structural Equation Model . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Gate Association for Teaching and Education (GATE).
https://www.e-iji.net/
18 2022 IMPLEMENTASI TEORI PSIKOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI (TINJAUAN KURIKULUM KMA NO.183 TAHUN 2019) . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://dx.doi.org/10.33477/alt.v7i1
19 2022 Democratic Leadership Style of Public and Private Elementary School Principals During The Covid-19 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/index
20 2022 Problem dan Tantangan Full Day School dan Half Day School di Era Globalisasi . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
21 2022 Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jbasic.org/index.php/basicedu
22 2022 Learning Assessment Model for Islamic Religious Education . Tingkat Nasional.
https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/issue/view...
23 2022 Implementasi Metode Inquiry dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/JIE/article/view/11...
24 2021 Islamic Higher Education Institutional Change: Leader's Motivation and Vision . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaisl...
25 2021 PENDEKATAN SUBJEK AKADEMIS DAN HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten .
http://dx.doi.org/10.32678/geneologipai.v8i2
26 2021 Muhammadiyah and Nahdlatul Ulama Education: Two Main Pillars of National Education in Indonesia . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/index
27 2021 Kepemimpinan Trasformasional dalam Pendidikan Islam . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
28 2021 Muhammadiyah and Nahdlatul Ulama Education: Two Main Pillars of National Education in Indonesia . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Program Studi PAIFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga .
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/index
29 2021 Identifikasi Kesulitan Guru PAI Kota Medan dalam Implementasi Kurikulum 2013 . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://doi.org/10.32505/at.v14i2
30 2021 Building bridges that change state Islamic universities in Indonesia toward international standard dalam Building bridges that change state Islamic universities in Indonesia toward international standard. Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Institute of Advanced Engineering and Science (IAES).
http://ijere.iaescore.com/index.php/IJERE/article/view/21402...
31 2021 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 Integratif dalam Menghadapi Era Society 5.0 dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 Integratif dalam Menghadapi Era Society 5.0. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri Madura.
http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/vi...
32 2021 PENGEMBANGAN KURIKULUM MENGHADAPI TUNTUTAN KOMPETENSI ABAD KE 21 DI INDONESIA dalam PENGEMBANGAN KURIKULUM MENGHADAPI TUNTUTAN KOMPETENSI ABAD KE 21 DI INDONESIA. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK.
http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/ilmi/article/vie...
33 2021 Pola Pembinaan Religiusitas Anak dalam Keluarga Muslim dalam (Studi Kasus di Kampung Kesisih Desa Bangunsari, Pageruyung, Kendal, Jawa Tengah). Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
34 2021 Pola Pembinaan Religiusitas Anak dalam Keluarga Muslim (Studi Kasus di Kampung Kesisih Desa Bangunsari, Pageruyung, Kendal, Jawa Tengah) dalam Pola Pembinaan Religiusitas Anak dalam Keluarga Muslim (Studi Kasus di Kampung Kesisih Desa Bangunsari, Pageruyung, Kendal, Jawa Tengah). Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Alma ata.
https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/vi...
35 2021 Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Fakulta Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/511/pdf
36 2021 EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TENGAH DINAMIKA POLITIK PENDIDIKAN DI INDONESIA dalam EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TENGAH DINAMIKA POLITIK PENDIDIKAN DI INDONESIA . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh.
https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/articl...
37 2021 Desain Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking dalam Desain Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh STIT Palapa Nusantara Lombok NTB.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view...
38 2021 Liberasi Kepemimpinan Propetik dalam Satuan Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah dalam Liberasi Kepemimpinan Propetik dalam Satuan Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Islam Indonesia.
https://journal.uii.ac.id/Millah/article/view/17460/11217
39 2021 Pendidikan Agama Islam sebagai Basis Penguatan Sikap Patriotisme dalam Pendidikan Agama Islam sebagai Basis Penguatan Sikap Patriotisme . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Institut Agama Islam Tribakti Kediri.
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/artic...
40 2020 Strategi Kurikulum 2013 Dalam MengembangkanDaya Kritis Generasi Z dalam Strategi Kurikulum 2013 Dalam MengembangkanDaya Kritis Generasi Z. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ/article/view/1...
41 2020 Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI dalam Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IAIN Langsa.
https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at
42 2020 Budaya Sekolah dalam Budaya Sekolah. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IAIN Langsa.
https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/1...
43 2020 The Urgency Of Philosophy As The Basis For 2013 Curriculum Development dalam The Urgency Of Philosophy As The Basis For 2013 Curriculum Development. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Darussalam Gontor.
https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/educan/article...
44 2020 Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh STIT Palapa Nusantara Lombok NTB.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/...
45 2020 Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21 dalam Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21 . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Faculty of Tarbiyah Institute of PTIQ Jakarta.
https://journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/52/42
46 2020 PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA 4.0 dalam PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA 4.0. Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh STIT Palapa Nusantara Lombok NTB.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/vie...
47 2020 Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21 . Tingkat Nasional.
https://journal.ptiq.ac.id/index.php/iq
48 2020 PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA 4.0 . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh STIT Palapa Nusantara.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/vie...
49 2020 Organization and Design of Development of Islamic Religious Education in Indonesia . Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib
50 2020 Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh STIT Palapa Nusantara.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/...
51 2020 Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter dalam Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view...
52 2019 Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21 dalam Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikmah/article/...
53 2019 Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter dalam Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Ponorogo..
http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view...
54 2019 LANDASAN PSIKOLOGIS PENGEMBANGAN KURIKULUM ABAD 21 . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh STAI Darussalam Lampung.
http://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assala...
55 2017 The Implementation of Holistic Education in Muhammadiyah’s Madrasah Indonesia dalam The Implementation of Holistic Education in Muhammadiyah’s Madrasah Indonesia. Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh IAIN Samarinda.
https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu...
56 2017 PROBLEMATIKA PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP NEGERI SE KECAMATAN SLEMAN . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Unsoed.
http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/issue/archive
57 2017 PROBLEMATIKA PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL- QUR’AN DI SMP NEGERI SE KECAMATAN SLEMAN dalam PROBLEMATIKA PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL- QUR’AN DI SMP NEGERI SE KECAMATAN SLEMAN . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh Universitas Jenderal Soedirman .
http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1203
58 2017 The Internalization of Intrinsic Religious and Adversity Quotient Education of Multilingual Program in Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam ICREAM.

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2017 Postdoc.
2 2016 Learning Organization.

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2024 Pengelola Jurnal Pendidikan Agama Islam .
2 2023 Review artikel jurnal nasional terakreditasi .
3 2023 Review artikel jurnal nasional terakreditasi .
4 2023 Reviewer artikel Jurnal Pendidikan Agama Islam .
5 2023 Anggota Tim Pengelola Jurnal .
6 2023 Tim Pengelola Jurnal Program Studi PAI FITK .
Kegiatan Keagamaan
7 2024 Pemateri pengajian Jum'at Pagi .
8 2024 Memberikan bimbingan keagamaan kepada masyarakat melalui khutbah jum'at .
9 2024 Pemateri Kajian Malam Ahad Pon .
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
10 2023 Pelatihan bagi Guru Ismuba Kabupaten Sleman (Insidental).
11 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
12 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
13 2022 Nara Sumber Pembinaan kepala Sekolah (Insidental).
14 2022 Nara Sumber Up Grading Kepemimpinan Kepala Sekolah/Madrasah (Insidental).
15 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
16 2022 Khutbah Idul Adha (Insidental).
17 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
18 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
19 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
20 2022 Khutbah Idul Fitri (Insidental).
21 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
22 2022 Nara Sumber Literasi Al Qur’an bagi Wakil Kepala Sekolah (Insidental).
23 2022 Nara sumber Literasi Al Qur’an bagi Wakil Kepala Sekolah Bidang ISMUBA Jenjang SMA/SMK Muhammadiyah se-D.I. Yogyakarta (Insidental).
24 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala SMA/SMK/MA/SLB Muhammadiyah se D.I. Yogyakarta (Insidental).
25 2022 Nara Sumber Workshop Peningkatan Kompetensi Manajerial Bendahara dan Kepala Tata Usaha SMA/SMK Muhammadiyah se-D.I. Yogyakarta (Insidental).
26 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala SMA/SMK/MA/SLB Muhammadiyah se D.I. Yogyakarta (Insidental).
27 2022 Nara Sumber Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
28 2022 Narasumber Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Tahun 2022 (Insidental).
29 2022 Nara sumber Pembinaan Kepala SMA/SMK/MA/SLB Muhammadiyah se D.I. Yogyakarta (Insidental).
30 2021 Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
31 2021 Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
32 2021 Pembinaan kompetensi kepala sekolah (Insidental).
33 2021 Pembinaan Kepala Sekolah (Insidental).
34 2021 narasumber dalam acara Pembinaan Kepala SMA/SMK/MA/SLB Muhammadiyah se-D.I.Y (Insidental).
35 2020 narasumber dalam acara Pembinaan Kepala SMA/SMK/MA/SLB Muhammadiyah se-D.I.Y (Insidental).
36 2020 narasumber dalam acara Pembinaan Kepala SMA/SMK/MA/SLB Muhammadiyah se-D.I.Y (Insidental).
37 2020 narasumber dalam acara Pembinaan Kepala SMA/SMK/MA/SLB Muhammadiyah se-D.I.Y (Insidental).
38 2020 Pembinaan Kepala SMA/SMK/MA/SMA LB Muhammadiyah se-DIY (Insidental).
39 2020 Shalat Iedul Adha: Menjadi Imam dan Khatib shalat Iedul Adha Tahun 1441 H. (Insidental).
40 2020 Pembinaan Kepala Sekolah; SMA/SMK/MA (Insidental).
41 2020 Pembinaan Kepala Sekolah; SMA/SMK/MA (Insidental).
42 2020 Pembinaan Kepala Sekolah; SMA/SMK/MA (Insidental).
43 2020 Narasumber:Baitul Arqaam Guru dan Karyawan Sekolah Muhammadiyah di Lingkungan Galur Kabupaten Kulonprogo (Insidental).
44 2020 Pembinaan Kepala Sekolah; SMA/SMK/MA/SLB (Insidental).
45 2020 Narasumber Pembinaan Wakil kepala sekolah urusan, bendahara, dan kepala tata usaha di lingkungan SMA/SMK Muhammadiyah DIY (Insidental).
46 2020 Narasumber: Lokakarya dan klinik penyempurnaan proposal PTK dan PTS/M (Insidental).
47 2020 Narasumber Worshop Peningkatan Kompetensi Guru Mapel UN SMA Muhammadiyah se-DIY (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
48 2023 Nara sumber Workshop Pengembangan Program Fullday School (Bidang keahlian).
49 2017 Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Muhammadiyah .
50 2017 Pengembangan Amaliah Ibadah Alumni Jamaah Haji .
51 2016 Pengembangan Amaliah Ibadah Alumni Jamaah Haji .
52 2015 Pengembangan Amaliah Ibadah Alumni Jamaah Haji .
Pengurus Yayasan
53 2020 Pengurus MUI DIY .

# TAHUN KARYA
Anggota Asosiasi
1 2020 Anggota ISPI (Non Ilmiah).
Mendapat Tanda Jasa dan Penghargaan
2 2022 Penghargaan Dosen Teladan Mutu (Memperoleh penghargaan lainnya).
Menjadi anggota dalam suatu Panitia / Badan pada perguruan tinggi
3 2024 TIM Review dan Redesain Kurikulum Berbasis OBE . Pada pertemuan Review dan Redesain Kurikulum Berbasis OBE.
4 2024 Tim Persiapan ujian tengah dan akhir semester .
5 2024 Tim Pengelola Jurnal JPAI (Jurnal Pendidikan Agama Islam) Program Studi Pendidikan Agama Islam . Pada pertemuan Pengelolaan Jurnal PAI (JPAI).
6 2024 Tim redesain kurikulum program studi PAI . Pada pertemuan Redesain kurikulum program studi PAI.
7 2024 Penyelenggaraan Kegiatan Persiapan Akreditasi FIBAA Prodi S2 PAI . Pada pertemuan Persiapan Akreditasi FIBAA Prodi S2 PAI.
8 2023 Tim Penyedia Dokumen Audit Mutu Internal Prodi PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
9 2023 Tim Workshop Akreditasi Internasional FIBAA .
10 2022 Anggota Senat Universita .
11 2022 Anggota Senat Akademik Universitas .
12 2022 Anggota Senat Akademik Universitas .
Menjadi mitra bestari
13 2023 Editor in Chief of Islamic Education Science . Pada pertemuan Reviewer Artikel.
14 2022 reviewer for Tarbiyah Wa Ta'lim . Pada pertemuan Reviewer Artikel.
Menulis buku pelajaran yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional
15 2020 Editor Penulisan Puku Pendidikan Fikih SMP Kelas VIII (SLTP atau setingkat).
16 2020 Editor Buku Pendidikan Fikih SMP Kelas IX (SLTP atau setingkat).
17 2020 Editor Buku: Pendidikan Fikih SMP Kelas VII (SLTP atau setingkat).
Narasumber
18 2022 “Penelaahan Kritis terhadap RUU Sistem Pendidikan Nasional" . Pada pertemuan Webinar . Berlokasi di Majelis Ulama DIY.
19 2022 Focus Group Discussion Pakar Pendidikan Islam Indonesia . Pada pertemuan FGD.
20 2020 Narasumber FGD Belajar dari Rumah bersama RadioMu .