Kuliah Umum

Setiap orang di dunia, dari manapun asal dan latar belakangnya, pasti mendambakan hidup dalam nilai seperti kedamaian, kebahagiaan dan cinta kasih. Di tengah maraknya ketidakharmonisan dan perselisihan yang terjadi di sekitar kita, nilai diyakini mampu menyatukan dan menembus sekat-sekat perbedaan yang memisahkan manusia satu dengan lainnya. Demikian yang terungkap dalam Kuliah Umum Prodi PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan mengambil tema “Pendidikan Karakter untuk Calon Guru PAI”, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at 18 September 2015, di Ruang Teatrikal FITK itu, dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, H. Suwadi, M.Ag., M.Pd. Acara ini menghadirkan Dr. Shahida Abdul-Samad dari Malaysia.

Di hadapan ratusan mahasiswa PAI, Dr. Shahida Abdul-Samad, dari Iqra’ International Institute mengamanatkan, bahwa penguatan karakter bangsa yang berlandaskan nilai-nilai agama harus dimulai dari diri pribadi masing-masing. Pembentukan karakter tersebut banyak dipengaruhi oleh lingkungan. “Oleh karena itu ciptakanlah lingkungan yang dapat membuat diri kita nyaman dalam berbuat kebaikan” demikian ungkap Dr. Shahida.

Selanjutnya Dr. Shahida, yang juga merupakan salah satu tim trainer Internasional ini mengingatkan akan pentingnya menjadi pribadi yang memiliki self confidence tinggi untuk senantiasa berkarya dan berinovasi. Dengan demikian diharapkan, di masa yang akan datang para mahasiswa PAI akan menjadi guru PAI yang selain memiliki kecerdasan, juga memiliki karakter dan integritas yang tinggi, serta memiliki daya kreasi dan inovasi untuk ikut memberikan sumbangsih bagi pembangunan nasional terutama dalam menyongsong Asean Free Trade Area dan World Trade Organization. Dr. Shahida mengajak para mahasiswa dalam action group untuk menggambarkan tentang 12 universal values. Acara kuliah umum semakin semarak dengan ekspresi 11 group mahasiswa dalam mempresentasikan hasil diskusinya dengan kepercayaan diri yang tinggi. Dan acara ini ditutup sangat manis dengan senandung melayu yang dilantunkan Dr. Shahida.